header-int

Program Studi Manajemen Islam

Posted by : Administrator
Share

            1.  

Visi Prodi                                           

Menjadi Program Studi yang unggul dan terpercaya  dalam  menghasilkan sarjana tenaga kependidikan Islam yang ahli dibidang  administrasi pendidikan pada tahun 2020.

Misi Prodi                                          

  1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran yang dirancang untuk menghasilkan lulusan yang siap menjadi tenaga kependidikan Islam yang ahli di bidang  aministrasi  pendidikan.
  2. Melaksanakan penelitian dalam bidang  manajemen pendidikan Islam yang komprehenship dan aplikatif
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat  terutama dalam pengembangan  substansi manajemen pendidikan Islam yang bersifat proaktif dan antisipatif dalam menghadapi dan memecahkan permasalahan  yang tumbuh dan berkembang di masyarakat.
  4.  Menjalin kerjasama dengan lembaga pendidikan, lembaga pemerintahan yang menangani pendidikan , dan lembaga terkait baik dalam negeri maupun luar negeri untuk mengembangkan substansi manajemen pendidikan Islam.

Tujuan Prodi                     

  1. Terselenggaranya pendidikan dan pengajaran yang menghasilkan sarjana tenaga kependidikan Islam yang ahli di bidang  administrasi pendidikan  ( mempunyai kemampuan  berfikir dan bersikap mandiri, menguasai dasar-dasar ilmiah serta pengetahuan yang berkaitan dengan administrasi  pendidikan).
  2. Terslaksanya penelitian  Manajemen Pendidikan Islam yang komprehenship dan proaktif, sehingga lulusan prodi MPI mampu mengembangkan riset untuk merespon perubahan dan menganalisis masalah-masalah manajemen pendidikan Islam.
  3. Terselenggarnya pengabdian kepada masyarakat  terutama dalam pengembangan  substansi manajemen pendidikan Islam yang bersifat proaktif dan antisipatif dalam menghadapi dan memecahkan permasalahan  yang tumbuh dan berkembang di masyarakat.
  4. Terselenggaranya kerjasama dan kesepakatan dengan lembaga pendidikan, lembaga pemerintahan yang menangani pendidikan , dan lembaga terkait baik dalam negeri maupun luar negeri untuk mengembangkan substansi manajemen pendidikan Islam.

Profil Lulusan

1.  Profil  Utama Lulusan

Profil  utama lulsan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam adalah menjadi tenaga kependidikan yang ahli dibidang administrasi  pendidikan  pada lembaga sekolah, madrasah, perguruan tinggi, dan instansi pemerintah yang menangani pendidikan.

2. Profil Tambahan Lulusan:

  1. Menjadi pengelola pendidikan pada lembaga sekolah, madrasah, pesantren, perguruan tinggi, dan lembaga kursus.
  2. Menjadi  peneliti bidang Manajemen Pendidikan Islam
  3. Menjadi tenaga perpustakaan, laboratorium, pusat sumber belajar pada sekolah, madrasah, perguruan tinggi, dan pesantren.
  4. Menjadi guru PAI di lembaga sekolah/madrasah.

Kompetensi Utama Lulusan

  1. Menguasai dasar-dasar teoritis  manajemen pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan pada sekolah/madrasah/pesantren.
  2. Menganalisis, memetakan dan memberikan problem solving dalam penyelenggaraan pendidikan pada sekolah/madrasah/pesantren.
  3. Menguasai pengetahuan, sikap, dan keterampilan untuk melakukan penelitian dan pengkajian bidang manajemen pendidikan Islam pada sekolah/madrasah/ pesantren.
  4. Memiliki dan menguasai pengetahuan, sikap dan keterampilan untuk melakukan pekerjaan bidang manajemen pendidikan Islam secara profesional yang mencakup aspek: manajemen peserta didik, ketenagaan, kurikulum, perkantoran dan ke-TU-an, adminstrasi pendidikan, sarana-prasarana, keuangan, hubungan masyarakat, dan layanan khusus.
  5. Memiliki kemampuan membangun kerjasama tim yang baik, komunikatif, adaptif, tangguh, ulet, kompetitif, inovatif, kreatif yang berlandaskan etika nilai-nilai luhur budaya Islam Indonesia.
  6. Mampu melaksanakan tugas administratif secara profesional pada satuan pendidikan formal dan non formal berbasis ICT pada sekolah/madrasah /pesantren dan instansi pemerintah.
  7. Memiliki sikap dan perilaku sesuai dengan norma agama, hukum, sosial, dan kebudayaan nasional Indonesia.
  8. Menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa, menunjukkan etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, dan rasa percaya diri dan menjunjung tinggi kode etik profesi.
  9. Menguasai materi keilmuan yang meliputi dimensi pengetahuan, nilai, dan keterampilan bidang Manajemen Pendidikan Islam.

Kompetensi Pendukung Lulusan

  1. Menguasai teori-teori  pendidikan, ilmu pendidikan, sosiologi dan antropologi  serta mampu mengaplikannya dalam kegiatan pendidikan.
  2. Menguasai teori-teori manajemen lembaga pendidikan Islam, sehingga mampu menjadi perencana, pengelola dan pengembang  pendidikan Islam (Sekolah, Madrasah dan pesantren).
  3. Memiliki pengetahuan dan ketrampilan menganalisis problematika masyarakat, khususnya masalah manajemen pendidikan Islam sehingga dapat menjadi konsultan pengelolaan lembaga pendidikan Islam.

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan , Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017

Jl. Mataram No. 1 Mangli, Jember 68136, Jawa Timur, Indonesia

+62 331-487550, 427005

+62 331-427005

info@iain-jember.ac.id

© 2019 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Jember Follow Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Jember : Facebook Twitter Linked Youtube