header-int

Program Studi Manajemen Islam

Posted by : Administrator
Share

            1.  

Visi

“Menjadi Program Studi Manajemen Pendidikan Islam yang unggul di Lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) dalam membekali tenaga kependidikan Islam dan pengelola satuan pendidikan Islam, Peneliti yang ahli di bidang Manajemen Pendidikan Islam dan sebagai pendidik  yang profesional”.

 

            1.  

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan, pengajaran, dan pelatihan akademik yang profesional, kompetitif, dan unggul yang dirancang untuk menghasilkan lulusan yang siap menjadi tenaga kependidikan, manajer pendidikan Islam, baik di lembaga formal maupun non formal.
  2. Menyelenggarakan pendidikan yang memberikan dasar-dasar keahlian dan keterampilan bidang pendidikan Islam dan manajemen pendidikan Islam dalam rangka merespon kebutuhan masyarakat.
  3. Mempersiapkan lulusan yang berkualitas yang memiliki kekokohan aqidah dan kedalaman sepiritual, keluhuran akhlaq, keluasan ilmu dan kematangan profesional dalam menjalankan tugasnya sebagai manajer, tenaga pendidik  dan  kependidikan Islam yang berbasis pada integrasi nilai-nilai Islam dan budaya luhur bangsa Indonesia.
  4. Mempersiapkan tenaga pendidik yang profesional  di Madrasah dan Sekolah.
  5. Mempersiapkan tenaga pemikir dan peneliti di bidang manajemen pendidikan Islam.
  6. Menciptakan kerja sama dengan sejumlah pihak pada tingkat nasional dan internasional untuk mengembangkan manajemen pendidikan Islam.
  7. Mengembangkan pengabdian pada masyarakat yang bersifat proaktif dan antisipatif dalam menghadapi dan memecahkan permasalahan tentang manajemen pendidikan Islam yang tumbuh dan berkembang di masyarakat.

 

            1.  

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang profesional, unggul dan kompetitif di bidang Manajemen Pendidikan Islam di lembaga sekolah, Madrasah, dan Pusdiklat.
  2. Menghasilkan tenaga kependidikan dan manajer (pengelola)  pendidikan Islam yang siap bekerja pada lembaga pendidikan formal atau non formal pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.
  3. Menghasilkan tenaga pustakawan, laboratorium, dan pusat sumber belajar pada sekolah/madrasah/pesantren dan pusdiklat.
  4. Menghasilkan konsultan penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan pada sekolah/madrasah/pesantren dan pusdiklat.
  5. Menghasilkan perencana dan pengembang pendidikan Islam.
  6. Menghasilkan tenaga pendidik profesional yang siap bekerja di lembaga sekolah dan Madrasah.
  7. Menghasilkan lulusan yang menguasai dasar-dasar ilmiah dan keterampilan penelitian dalam bidang manajemen pendidikan Islam.

 

            1.  

Profil Lulusan

  • Profil  Utama Lulusan
  1. Profil utama lulusan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam adalah tenagakependidikan  pada sekolah/madrasah/pesantren dan pusdiklat, yang berkepribadian baik, berpengetahuan luas, memiliki manajerial skills serta bertanggung jawab terhadap pelaksanaan tugas berlandaskan etika keilmuan dan profesi.

 

        1.  
  • Profil Tambahan Lulusan (dipilih)
  1. Peneliti bidang Manajemen Pendidikan Islam
  2. Pengelola pendidikan pada sekolah/madrasah/pesantren dan pusdiklat.
  3. Konsultan penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan pada sekolah/madrasah/pesantren dan pusdiklat.
  4. Tenaga perpustakaan, laboratorium, pusat sumber belajar pada sekolah/madrasah/pesantren dan pusdiklat.
  5. Perencana dan pengembang pendidikan Islam.
  6. Tenaga pendidik yang profesional di Madrasah dan Sekolah.

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan , Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017

Jl. Mataram No. 1 Mangli, Jember 68136, Jawa Timur, Indonesia

+62 331-487550, 427005

+62 331-427005

info@iain-jember.ac.id

© 2018 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Jember Follow Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Jember : Facebook Twitter Linked Youtube