header-int

Profil Pendidikan Bahasa Arab

Posted by : Administrator
Share

 

Visi

” Menjadi program studi yang kompetitif di lingkungan Perguruan Tinggi Agama Islam dalam menyiapkan tenaga pendidik bahasa Arab dan pengelola satuan pendidikan yang sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat lokal, regional, nasional dan internasional dengan memiliki kekokohan aqidah, kedalaman spiritual, keluhuran akhlak dan kematangan profesional”.

 

Misi:

  1. Menyelenggarakan pendidikan unggul yang dirancang untuk menghasilkan lulusan yang siap menjadi guru Bahasa Arab yang memiliki kemampuan akademik dan profesional dalam bidang pembelajaran Bahasa Arab pada jenjang pendidikan dasar dan menengah di madrasah/sekolah.
  2. Mempersiapkan lulusan yang berkualitas yang memiliki kekokohan aqidah dan kedalaman spiritual, keluhuran akhlak, keluasan ilmu, dan kematangan profesional dalam menjalankan tugasnya sebagai guru Bahasa Arab.
  3. Mengembangkan penelitian yang dapat menghasilkan dan mengembangkan teori-teori pendidikan bahasa Arab baik pada jalur pendidikan formal, nonformal maupun informal.
  4. Mengembangkan pengabdian kepada masyarakat yang lebih bersifat proaktif dan antisipatif dalam menghadapi dan memecahkan persoalan pendidikan Bahasa Arab yang tumbuh dan berkembang di masyarakat.
  5. Mengembangkan jaringan kerjasama/kemitraan dengan perguruan tinggi di dalam dan luar negeri, masyarakat pengguna lulusan dan stakeholders lainnya.
  6. Mengembangkan dan menjaga nilai, etika profesional dan moral akademis untuk pengendalian mutu program studi.

 

      1.  

Tujuan Prodi:

  1. Menghasilkan guru pendidikan bahasa Arab yang memiliki kemampuan akademik, profesional, personal dan sosial dalam pembelajaran pendidikan bahasa Arab pada jenjang pendidikan dasar dan menengah di sekolah/madrasah.
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi tambahan sebagai pengajar selain pendidikan bahasa Arab.
  3. Menghasilkan lulusan yang memilliki kompetensi tambahan sebagai penerjemah.

 

      1.  

Profil Lulusan:

  1. Menjadi Kader ulama yang mengedepankan ilmu amaliah dan ilmiah, memiliki daya saing di tingkat nasional dan internasional.
  2. Menjadi  Guru dan pendidik di bidang bahasa Arab
  3. Menjadi Pelatih dan konsultan dalam pembelajaran bahasa.
  4. Menjadi Penyusun buku-buku ajar mata pelajaran bahasa Arab.
      1.  

Standar Kompetensi Lulusan:

Mampu memahami literatur-literatur berbahasa asing (Arab & Inggris).

  1. Mampu memahami, menjelaskan, mengkaji, dan menerapkan  ajaran dan nilai-nilai Islam yang rahmatan lil-‘alamin
  2. Mampu mengembangkan cara berfikir, bersikap dan berperilaku sebagai calon ulama (intelektual muslim) yang memiliki daya saing  lokal, nasional dan global.
  3. Memilki kemampuan mendidik dan membelajarkan bahasa Arab secara profesional
  4. Mampu mengembangkan Kurikulum BA di sekolah/ madrasah
  5. Mampu membaca, mendengarkan, menulis, mener-jemahkan dan berbicara bahasa Arab.
  6. Mampu meneliti dan mengembangkan keilmuan dan kependidikan bahasa Arab sesuai dengan tuntutan zaman;
  7. Memiliki kemampuan   menyelenggarakan berbagai pelatihan (kursus) bahasa Arab secara profesional, dan memiliki wawasan yang memadai perihal menejerial serta kemampuan menjadi konsultan kependidikan bahasa Arab.
  8. Memilki wawasan keilmuan dan teknik-teknik penyusunan buku-buku teks, memilki wawasan keilmuan berkenaan dengan seleksi, gradasi dan repetisi materi serta tuntutan kurikulum pelajaran bahasa Arab menurut jenis dan jenjang lembaga yang memakai buku ajar itu.

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan , Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017

Jl. Mataram No. 1 Mangli, Jember 68136, Jawa Timur, Indonesia

+62 331-487550, 427005

+62 331-427005

info@iain-jember.ac.id

© 2018 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Jember Follow Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Jember : Facebook Twitter Linked Youtube