Home
news
Berhasil Meraih Empat Medali dalam Kejuaraan Nasional Piala Presiden RI

Berhasil Meraih Empat Medali dalam Kejuaraan Nasional Piala Presiden RI


Diterbitkan Senin, 16 November 2015 - 14:24:38 WIB

HUMAS-Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember kembali mengukir prestasi tingkat nasional, kali ini sedikitnya Empat medali berhasil di raih oleh pesilat IAIN Jember dalam Kejuaraan Silat Perisai Diri Antar Perguruan Tinggi  ke XXV Piala Presiden Republik Indonesia  yang diselenggarakan di Gedung Balairung Universitas PGRI semarang.

Kejuaraan yang digelar pada tanggal 04-07 Nopember 2015 lalu di ikuti oleh 365 atlit dari 40 perguruan tingggi se Indonesia. enam atlet diantara yaitu Edi Purwanto, Arpan Holidi, Isnan Fanani, Riski Yulia Anggraeni, silsilatil Isra’iyah, dan Jamilatus Sa’diah adalah Pesilat Perisai Diri delegasi dari IAIN Jember.

Masing-masing medali yang berhasil diboyong oleh delegasi dari IAIN Jember adalah Dua medali perak kategori kerapian beregu teknik asli dan kategori kerapian  beregu senjata wajib oleh Edi Purwanto, Arpan Holidi, dan Isnan fanani serta Medali Perunggu juga berhasil direbut oleh  Jamilatus Sa’diah pada kelas D putri dan Pasangan Rizki Yulia Anggraeni dan Sil Silatil Isro’iyah pada kategori kerapian berpasangan tangan kosong putri kelompok A.

Banyak pengalaman menarik didapatkan oleh mahasiswa dalam ajang kompetisis tingkat nasional itu, diantaranya seperti dialami oleh pesilat putri IAIN Jember, meskipun mereka masih terbilang baru dua tahun belajar Perisai Diri, Namun perasaan canggung tidak mengganggu mereka saat di gelanggang. Wal hasil empat medali kejuaraan dapat diraih dengan gemilang.

Edi Purwanto salah seorang Atlit yang juga sekaligus Ketua Unit Bela Diri Mahasiswa (UBM) mengaku gembira dan bersyukur atas prestasi yang telah diperolehnya, meski demikian dirinya bersama dengan teman teman mahasiswa lainnya yang tergabung dalam unit bela diri tetap akan menjaga prestasi ini dengan baik “kami akan berupaya untuk tidak terlena dengan kemenangan ini, kami harus tetap berlatih, apalagi pada tahun 2016 nanti direncanakan ada event Perisai Diri tingkat Internatoinal Championship yang akan diselenggarakan di jawa timur”. Ungkapnya dengan penuh semangat.

Hal yang sama juga diungkspksn oleh Arpan Holidi yang juga atlet dan Ketua Divisi Perisai Diri IAIN Jember, menurutnya prestasi ini harus menjadi inspirasi untuk lebih semangat lagi dalam berlatih, baginya dengan banyak berlatih sama halnya telah berkontribusi dalam melestarikan  pencak silat yang merupakan budaya bangsa indonesia. Tegas Arpan.

Sementara kejurnas yang mengangkat tema tentang Peranan pencak silat dalam ketahanan budaya menyongsong MEA (Massyarakat Ekonomi ASEAN) serta membangun karakter dan jati diri pesilat berbasis nilai-nilai luhur budaya nasional untuk menwujudkan generasi emas syarat kualitas” bertekad bisa mewujudkan pelestarian budaya pencak silat guna mewujudkan generasi emas syarat kualitas yang nantinya akan mampu meghadapi MEA. Selain itu event ini juga dijadikan sebagai sarana dalam membentuk ikatan silaturrahmi dan kekeluaragaan antar pesilat Perisai diri di kalangan mahasiswa seindonesia sehingga muncul pesilat-pesilat yang mampu membawa nama harum Indonesia di event-event internasional. (Minan Jauhari)


Share Berita


Komentari Berita

Komentar ditutup.