header-int

Refreshment Dosen dan Guru Pamong PPG Daljab LPTK FTIK UIN KHAS Jember

Sabtu, 10 Jul 2021, 20:41:32 WIB - 58 View
Share
Refreshment Dosen dan Guru Pamong PPG Daljab LPTK FTIK UIN KHAS Jember

FTIK UIN KHAS Jember, setelah melaksanakan Refreshment pertama pada tanggal 1 Juni 2021, UIN KHAS kembali melaksanakan Refreshment Lokakarya  Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Penelitian Tindakan Kelas PTK, PPL serta Operasionalisasi Learning Manajemen Sistem (LMS) LPTK bagi Dosen Pengajar, Guru Pamong dan Tim Pengelola PPG Daljab 2021, pada Sabtu 10 Juli 2021 dengan via Aplikasi Zoom meeting. Acara tersebut di isi oleh Narasumber Tim Nasional PPG dari unsur Kementerian Agama Bapak Dr. H. Abd. Rozak, M.Si dan dari Direktorat Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama RI Bapak M. Syamsul Ma’arif.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Dekan FTIK Dr. Hj. Mukni’ah, M.Pd.I. “Senin, 12 juli 2021 kita sudah masuk pada tahap berikutnya yaitu Lokakarya Pengembangan Perangkat Pembelajaran selama 12 hari secara daring. Perangkat Pembelajaran selama 9 hari dan PTK selama 3 hari (12-24 juli 2021), lanjut review perangkat pembelajaran oleh Dosen dan Guru Pamong selama 8 hari di change (26 Juli –3 Agustus 2021), dst. Ada uji Komprehenshif, PPL 1 , Review PPL dan PPL 2, review PPL 2, UKIN dan UP. Proses selesai untuk tahap I, lanjut ke tahap kedua (23 Agustus 2021 untuk Mahasiswa PPG Daljab untuk tahap II).”ungkapnya.

Selanjutnya Abd. Rozak “Standar Minimal Pendidikan Guru di Indonesia terdiri dari, Guru Profesional, memiliki Kompetensi, Sertifikat Pendidikan, Pendidikan Profesi, Kualifikasi Akademik dan Hak Pemilik Sertifikat."tegasnya

“PPG dalam Era Merdeka Belajar , Guru Penggerak sebagai pendorong transformasi pendidikan Indonesia dengan cara Mendorong peningkatan prestasi akademik murid, mengajar dengan kreatif dan mengembangkan diri secara aktif.”tambahnya.

Kegiatan yang berlangsung selama kurang lebih 5 jam ini, diikuti oleh 80 peserta yang terdiri dari Rektor UIN KHAS, Warek, Dosen, Guru pamong untuk PAI Sekolah dan Guru Pamong PAI Madrasah, serta TIM Pengelola PPG, mereka nantinya yang akan menjadi Penguji Uji Kinerja (UKIN) dan Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (UKMPPG) Tahun 2021.  Kemudian dilanjutkan simulasi penggunaan LMS oleh Syamsul Ma’arif.

Dari kegiatan ini Dekan FTIK UIN KHAS berpesan “bapak/Ibu selanjutnya tetap mengikuti kegiatan ini dengan baik dari awal sampai akhir, harapan kami dengan mengikuti kegiatan PPG ini, kita akan menjadi semakin paham dan dapat melaksanakan proses pembelajaran yang lebih baik dan menyenangkan. (Isma)

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan , Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017
© 2021 INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER Follow INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube