header-int

Gugus Penjaminan Mutu Siapkan Buku Pendamping Mutu Mahasiswa FTIK

Jumat, 15 Jan 2021, 08:56:49 WIB - 289 View
Share
Gugus Penjaminan Mutu Siapkan Buku Pendamping Mutu Mahasiswa FTIK

Gugus Penjamin Mutu (GPM) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Jember melaksanakan rapat untuk mereview Buku Pendamping Mutu Mahasiswa FTIK, bertempat di ruang pertemuan GPM FTIK (14/01). Review buku tersebut dihadiri oleh Ketua GPM Dr. H. Mursalim, M.Ag., anggota GPM, dan beberapa perwakilan dosen.

Dalam sambutannya, Mursalim menyampaikan, buku Pendampng Mutu Mahasiswa disusun oleh tim GPM sebagai instrumen pengendalian mutu akademik mahasiswa dan telah direview oleh pimpinan FTIK pada bulan Desember tahun 2020 bersama seluruh Kaprodi. 

"Namun, dalam rangka perbaikan lebih lanjut buku tersebut perlu direview secara lebih mendalam dengan menghadirkan dosen pengampu materi-materi yang terdapat dalam Buku Pendamping Mutu Mahasiswa sehingga diharapkan buku tersebut dapat disusun dengan lebih sempurna," katanya.

Lebih lanjut, menurut Mursalim, GPM FTIK merupakan satu-satunya gugus penjamin mutu di lingkungan fakultas yang telah melaksanakan tugas dan menghasilkan produk-produk yang berkiatan dengan penjaminan mutu fakultas, di antaranya pendampingan akreditasi Prodi, penyusunan buku Ekuivalensi Kurikulum FTIK, Buku Pedoman Ujian Komprehensif dan Buku Pendamping Mutu Mahasiswa.

"Setelah difinalisasi, buku-buku tersebut dapat diimplementasikan di lingkungan FTIK sehingga kontrol mutu dapat dengan mudah dilaksanakan," harapnya.

Rapat tersebut  menghasilkan beberapa catatan revisi terkait kompetensi dasar yang wajib dikuasi oleh para mahasiswa FTIK seperti hafal beberapa ayat dan hadits tarbawi dan kompetensi baca tulis Al-Qur'an.

"Setelah direvisi, buku tersebut akan dicetak dan dibagikan kepada mahasiswa untuk dijadikan pedoman dalam perwalian dan menjadi persyaratan mahasiswa untuk mengikuti ujian komprehensif," pungkasnya. (Khairul Umam)

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan , Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017
© 2021 INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER Follow INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube